Sabtu, 09 September 2017

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Tentang Bunga Sepatu dan Keterangannya

Bunga Sepatu - Siapa yang tidak kenal bunga sepatu atau kembang sepatu. Bunga dengan nama latin Hibiscus rosa sinensis L. ini biasanya ditanam sebagai tanaman pagar untuk mempercantik pekarangan rumah. Jenis bunga sepatu ini sangat bermacam-macam, ada yang berdaun agar lebar ada yang berdaun lebih sempit. Bunganya juga berwarna-warni, ada yang bermahkota tumpuk, ada yang berbentuk hanya seperti lonceng. Anda yang tertarik dengan bunga sepatu dan keterangannya bisa menyimak artikel ini sampai tuntas.
Karena bunga sepatu ini banyak jenisnya, bunga ini pun tersebar di seluruh Indonesia. Tiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda terhadap bunga sepatu. Di Aceh Sumatera, ia dinamai Bungong Raja , orang Nias menyebutnya Soma-soma atau Bekeju bagi orang Mentawai. Orang Jawa Tengah menyebutnya kembang sepatu, sementara orang Sunda menyebutnya kembang wera. Lain lagi dengan orang Madura, di Madura bunga ini disebut Bunga Rebong.
ciri bunga sepatu,bunga sepatu dan bagian-bagiannya,bagian-bagian bunga sepatu,klasifikasi bunga sepatu,morfologi bunga sepatu,nama latin bunga sepatu,struktur bunga sepatu,kandungan bunga sepatu,

Baca Juga : Manfaat Bunga Sepatu Sebagai Obat Tradisional

Nama bunga sepatu dan keterangannya yang lain adalah, di Bali ia dinamai Waribang, sementara orang Sangir menyebutnya Embuhanga. Di Gorontalo bunga sepatu disebut Ulange. Sementara itu orang Bugis menyebutnya Bunga Bisu. Di Maluku Utara yaitu Ternate, bunga sepatu disebut Ubu-ubu. 
Bunga sepatu termasuk jenis tanaman perdu yang bisa mencapai tinggi hingga 3 meter. Ia berdaun tunggal dengan tepi daun bergeligi lembut. Ada jenis yang berdaun hijau muda ada yang hijau tua. Dengan diameter rata-rata 5 sampai 10 cm. Morfologi bunga sepatu dan keterangannya yang lain adalah, bunganya adalah bunga tunggal berbentuk terompet dengan warna mahkota merah muda, merah, putih, kuning. Terdapat benang sari dan putik dalam satu tangkai bunga yang panjang di tengah kelopak. Karena itu bunga sepatu termasuk jenis bunga sempurna karena memiliki putik dan benang sari dalam satu bunga.
Bunga sepatu atau hibiscus telah dikenal memiliki banyak manfaat. Industry kecantikan di Eropa telah menggunakan ekstrak bunga ini dalam berbagai produk perawatan kecantikan mereka. Keterangan tentang bunga sepatu lainnya adalah, setiap bagian tanaman Bunga sepatu ini mengandung semyawa flavonoid, polifenol dan saponin. Pada bagian akar juga mengandung senyawa tanin, skopoletin, saponin, cleomiscosin A dan C.
Di banyak daerah, bunga sepatu telah digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Daun kembang sepatu misalnya digunakan untuk mengatasi demam pada anak-anak, juga bisa digunakan sebagai obat batuk dan obat sariawan. Orang Afrika menggunakan daun hibiscus untuk afrodisiak atau penambah vitalitas pria. Bunga sepatu dan manfaatnya ini ternyata cukup banyak, bukan?
Menurut penelitian tentang manfaat bunga sepatu dan keterangannya, ekstrak etanolic pada bunga ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan gula darah. Sehingga bisa digunakan pada pengobatan kolesterol dan diabetes mellitus. Jadi bunga ini selain cantik dan mudah ditanam dimana saja juga memiliki banyak manfaat. Jika Anda belum punya tanaman ini di rumah, tak ada salahnya mencoba menanam. 
Yuk, Mengenal Lebih Jauh Tentang Bunga Sepatu dan Keterangannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra