Minggu, 27 Agustus 2017

Pengertian Bunga Sempurna dan Tidak Sempurna Beserta Contohnya



Bunga sempurna dan tidak sempurna beserta contohnya jarang sekali diketahui oleh orang awam. Orang biasa hanya melihat bahwa bunga yang ada di tanaman tidak ada bedanya. Padahal bunga pada tanaman mempunyai klasifikasi yang berbeda-beda. Ada bunga sempurna ada pula bunga tidak sempurna. Kedua jenis bunga ini adalah bunga yang ada di tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman yang menghasilkan buah. Untuk mengenal kedua jenis bunga ini, Anda harus mengetahui pengertian dan perbedaan dari bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

Bunga sempurna sering disebut juga dengan bunga lengkap. Pengertian dari bunga sempurna ini adalah bunga yang mempunyai bagian-bagian bunga secara lengkap. Tidak salah jika banyak orang yang menyebut bunga sempurna ini dengan sebutan lain bunga lengkap. Bagian bunga sempurna atau bunga lengkap ini meliputi kelopak bunga, putik, benang sari, dasar bunga, dan bagian bunga lainnya. Bisa dikatakan bunga sempurna ini mempunyai semua bagian yang harus ada dalam suatu bunga. Biasanya bunga sempurna ini terdapat pada tanaman atau tumbuhan yang bisa melakukan penyerbukan sendiri.
bunga lengkap dan tidak lengkap beserta contohnya, bunga sempurna dan tidak sempurna beserta contohnya, pembuahan pada tumbuhan berbiji terbuka, penyerbukan berdasarkan perantaranya,

Baca Juga : Mengenal Fungsi Bunga Pada Tumbuhan

Bunga tidak sempurna kebalikan dengan bunga sempurna yaitu tidak mempunyai bagian bunga yang lengkap. Bagian bunga yang tidak ada dalam bunga tidak sempurna adalah putik atau benang sari. Dengan kata lain, bunga tidak sempurna hanya mempunyai salah satu saja yaitu putik saja atau bunga saja. Karena hal inilah bunga tidak sempurna sering disebut dengan bunga jantan atau bunga betina. Contoh bunga tidak sempurna adalah bunga jagung. Dalam bunga jagung terdapat dua jenis bunga yaitu bunga jantan dan bunga betina. Penyerbukan dalam bunga ini juga dilakukan dengan bantuan angin, tanpa angin bunga jagung tidak akan berbuah.
Selain bunga jagung, bunga tidak sempurna beserta contohnya yaitu bunga kelapa. Bunga kelapa ini termasuk bunga tidak sempurna karena antara bunga jantan dan betina terpisah. Penyerbukan yang terjadi pada pohon kelapa ini dilakukan dengan bantuan kumbang kelapa. Serbuk sari yang terdapat pada bunga betina dibawa oleh kumbang kemudian ditempelkan pada kepala putik. Dengan demikian, terjadilah pembuahan dan terbentuklah kelapa. Berbeda dengan bunga sempurna yang serbuk sari dan kepala putiknya terdapat dalam satu bunga sehingga bisa melakukan penyerbukan sendiri. Perbedaan bunga sempurna dan tidak sempurna beserta contohnya juga bisa dilihat dari kandungan nektar dalam bunga.
Tidak setiap bunga mempunyai nektar atau madu. Hal inilah yang menjadi salah satu pembeda antara bunga sempurna dan tidak sempurna. Bunga sempurna pasti mempunyai nektar atau madu didalamnya. Sehingga bunga sempurna ini sering dihinggapi oleh lebah ataupun kupu-kupu. Selain itu, warna kelopak bunga sempurna juga lebih menarik dibandingkan warna bunga tidak sempurna. Contoh bunga sempurna adalah bunga mawar, bunga anggrek, dan lain sebagainya. Bunga sempurna dan tidak sempurna beserta contohnya ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan klasifikasi pada tumbuhan.
Pengertian Bunga Sempurna dan Tidak Sempurna Beserta Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra