Nama Latin Bunga Sakura, si Cantik Pembawa Harapan dan Keberuntungan

Bunga Sakura - Jika Anda senang menonton Drama Jepang tentu Anda sering menemukan pemandangan bunga sakura sedang mekar serentak. Bunga yang umumnya berwarna merah muda itu memang adalah bunga nasional Jepang. Nama Latin Bunga Sakura adalah Prunus serrulata Lindl. Termasuk dalam family Rosaceae (suku mawar-mawaran). Bunga yang cantik ini masih sejenis dengan persik, apricot dan prem. Bagi bangsa Jepang bunga sakura melambangkan perempuan, pembawa rejeki dan sumber keberuntungan.
Di Jepang, ada banyak sekali jenis dan nama latin bunga sakura. Jenis yang banyak ditemui adalah Prunus yedoenensis atau dikenal dengan nama Yoshino Cherry.  Jenis ini memiliki warna merah muda dan putih.  Jenis yang lain adalah Prunus yamazakura, yaitu sakura yang berwarna putih salju. Kemudian ada Prunus yaezakura, atau sakura yang berwarna putih dengan campuran ungu kemerahan. Ada juga jenis sakura yang berwarna merah, nama latin bunga sakura merah ini adalah Prunus shidarezakura. Jadi nama bunga sakura di Jepang nampaknya dibedakan atas warna-warna bunganya.
bunga sakura wallpaper,bunga sakura di indonesia,arti bunga sakura,bunga sakura pink,filosofi bunga sakura,manfaat bunga sakura,bunga sakura putih,bunga sakura di cibodas,

Baca Juga : Fakta dan Keindahan Bunga Sakura

Nama latin bunga sakura Prunus yedonensis atau Yoshino Cherry, sakura yang berwarna merah muda akan mekar serentak sebelum daun-daunnya muncul. Jadi yang nampak adalah pohon penuh bunga tanpa daun. Sayangnya waktu mekar bunga sakura tak lebih dari seminggu, setelah itu bunga akan rontok bersamaan.
Jadi jika Anda di Jepang dan ingin menikmati bunga sakura, perhatikan dan pergunakan waktu Anda untuk momen mekar ini dengan sebaik-baiknya. Bunga ini tepatnya akan mekar pada akhir musim dingin saat cuaca mulai menghangat, yaitu sekitar bulan Maret atau April. Di Jepang, waktu tersebut bertepatan dengan awal masuk sekolah. Sehingga bunga sakura juga menjadi perlambang bagi awal masa depan yang cerah.
Selain indah, bunga ini ternyata juga memiliki banyak manfaat. Nama internasional bunga Sakura adalah cherry blossom dan banyak digunakan dalam industry kecantikan. Bunga ini memiliki kandungan isoflavon yang bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami. Di Jepang sendiri, daun dan bunga tanaman ini dimanfaatkan untuk pewarna dan pewangi alami makanan. Pada momen tertentu seperti pernikahan, teh atau sup bunga sakura juga diminum sebagai perlambang keberuntungan dan kebahagiaan.
Bunga sakura cocok tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bahkan bunga ini bisa juga tumbuh di Indonesia. Kalau Anda ingin menikmati bunga ini secara langsung, Anda bisa datang ke Bendungan Selorejo Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang Jawa Timur. Menurut informasi disana terdapat bunga sakura yang ditanam oleh konsultan Jepang yang dulunya ikut membangun Bendungan tersebut.
Nama latin bunga Sakura yang tumbuh di Malang adalah Prunus Serrulata dari jenis bunga sakura yang berwarna putih agak merah muda. Di wilayah Bendungan Selorejo tersebut kini terdapat enam buah pohon sakura.  Jadi, ternyata tidak harus jauh-jauh ke Jepang kok untuk menikmati mekarnya bunga sakura. Anda pun bisa menanamnya di rumah Anda. Hanya saja, mungkin di Indonesia bunga ini tak mekar secara spektakuler seperti di negeri asalnya sana.