Kamis, 14 September 2017

Mengulik Fakta dan Keindahan Bunga Sakura

Bunga sakura merupakan salah satu bunga yang berasal dari Jepang. Sakura merupakan ikon negara Jepang yang dikenal di seantero dunia. Bahkan banyak orang dari berbagai negara rela mendatangi Jepang untuk menyaksikan bunga ini bermekaran, tepatnya ketika musim semi. Sakura akan mekar ketika akhir Maret sampai awal April. Memang hanya sebentar saja, sehingga akan sayang sekali jika melewatkan momen ini.
Arti bunga sakura di Jepang adalah melambangkan pembaharuan dan harapan. Bunga nasional ini bermekaran yang menandakan musim semi telah datang. Selama bunga sakura bermekaran, maka banyak orang yang menyaksikan dibawah pohonnya. Kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi secara turun-temurun. Semakin hari, yang menyaksikan bunga sakura bermekaran di musim semi tidak hanya warga Jepang saja, tetapi juga turis-turis mancanegara. Kegiatan ini dinamakan hanami jika dilakukan pada siang hari. Sedang pada waktu malam hari dinamakan yozakara yang artinya sakura malam.
bunga sakura wallpaper,bunga sakura di indonesia,arti bunga sakura,bunga sakura pink,filosofi bunga sakura,manfaat bunga sakura,bunga sakura putih,bunga sakura di cibodas,

Baca Juga : Kenapa Bunga Raflesia Mengeluarkan Bau Bangkai

Bunga sakura merupakan daya tarik Jepang, diiringi dengan landmark yang ikonik di Jepang yaitu Gunung Fuji. Melihat bunga sakura dengan background Gunung Fuji menjadi salah satu pemAndangan terindah di seluruh dunia. Melihat gambar atau fotonya saja sudah takjub, apalagi jika melihatnya secara langsung. Terlepas dari itu, terdapat banyak tempat di Jepang yang bisa menjadi tempat untuk melihat bunga sakura saat mekar, yang populer yaitu Kinkaku-Ji, Nara Park, dan Golden Pavilion Kyoto. Kegiatan Hanami dilaksanakan dengan diiringi musik dan hidangan khusus. Semua orang penuh semangat dan bahagia merayakannya.
Meskipun sakura sangat popular di Jepang, bukan berarti kita sebagai warga negara Indonesia tidak dapat menanamnya. Namun, hanya dataran tinggi yang bisa ditanami bunga sakura dengan suhu dingin 20-26 derajat celcius. Adapun di Indonesia yang dapat ditanami bunga ini misalnya di kota Batu, Jawa Timur. Media tanam bunga sakura adalah tanah humus dan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Untuk menyiramnya cukup pagi dan sore hari. Pada dasarnya bunga sakura dapat tumbuh dengan cepat. Namun berbeda dengan bunga sakura jepang, di Indonesia bunga ini akan mekar pada Februari dan Agustus.
Sakura berasal dari kata saku dalam bahasa Jepang yang artinya mekar, dan ra adalah bentuk jamak. Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossom. Biasanya yang terkenal dari sakura adalah berwarna putih dengan sedikit campuran warna merah. Namun pada dasarnya, warna tergantung dari spesiesnya, ada warna merah jambu, hijau muda, kuning muda, dan warna merah.

Adapun nama latin dari bunga sakura adalah prunus serrulata. Selain di kota Batu, kita dapat melihatnya di Kebun raya Cibodas dan Pulau Sumba. Seperti yang sudah diulas diatas bahwa sakura membutuhkan sinar matahari yang penuh namun tetap memberikan aroma yang harum. Sakura juga dapat dijadikan makanan dengan cita rasa yang unik.
Mengulik Fakta dan Keindahan Bunga Sakura Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra