Minggu, 03 September 2017

Klasifikasi Bunga, Pengertian Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk

Pengertian bunga tunggal dan bunga majemuk. Bunga adalah organ reproduktif yang terdapat dalam tumbuhan. Dimana berdasarkan tipenya sendiri, bunga terdiri atas bunga majemuk dan bunga tunggal. Arti bunga tunggal sendiri, satu tangkai umumnya hanya mendukung 1 bunga sementara untuk bunga majemuk sendiri, dalam satu tangkai bisa mendukung bunga yang banyak. Adapun bagian-bagian pada bunga tunggal sendiri terdiri dari tangkai bunga, kelopak, dasar bunga, putik, mahkota dan benang sari.
Sementara pada bunga majemuk sendiri terdiri dari daun pelindung, bunga, tangkai daun, daun tangkai dan daun pelindung. Macam-macam bunga majemuk sendiri terdiri dari bunga majemuk tak terbatas dan bunga majemuk terbatas. Adapun contoh dari bunga majemuk terbatas sendiri yaitu monochasium dimana terdiri dari monochasium tunggal, bercabang seling dan sekrup. Dimana dichasium sendiri terdiri atas dichasium majemuk dan tunggal, bunga sabit, bunga kipas, dan pleiochasium.
pengertian bunga tunggal dan bunga majemuk ,pengertian bunga majemuk,perbedaan bunga majemuk dan tunggal,perbedaan bunga tunggal dan bunga majemuk pada tumbuhan

Baca Juga : Nama Latin dan Manfaat Bunga Asoka

Berbeda dengan pengertian bunga tunggal, dimana bunga majemuk sendiri harus dapat dibedakan dibagian cabang yang menunjang sejumlah bunga pada ketiaknya. Di suatu cabang yang memiliki sejumlah bunga pada ketiak sudah jelas kelihatan, dimana diantara setiap bunganya sendiri umumnya berguna berasimilasi. Di dalam bunga majemuk, bagian sumbu yang menunjang bunga-bunga berkelompok tersebut tak lagi berdaun, bisa juga bila ada daunnya tadi yang telah bermetamorfosis serta tak lagi berperan menjadi alat asimilasi.
Dalam bunga majemuk sendiri umumnya bisa dibedakan bagian pada bunga itu sendiri, diantaranya:
  • Bagian-bagian dengan sifat daun seperti daun tangkai, daun pelindung, daun pembalut, seludang, kelopak tambahan, daun mahkota, daun kelopak, benang sari, daun buah dan daun tenda bunga.
  • Bagian-bagian dengan sifat layaknya cabang atau batang, yakni tangkai bunga, dasar bunga, dan tangkai bunga.
Dalam suatu tumbuhan sendiri, terkadang hanya terdapat 1 jenis bunga saja contohnya bunga cokelat, dengan begitu bunga yang menghasilkan hanya 1 bunga saja pada 1 pohon disebut juga sebagai bunga tunggal. Inilah yang disebut pengertian bunga tunggal yang sesungguhnya.

Klasifikasi Bunga Sesuai Susunan dan Cabang Bunga

Adapun pembagian bunga berdasarkan susunan bunga dan cabangnya, terdiri dari tunggal, cluster dan inflorescence. Arti tunggal di sini yaitu 1 bunga hadir pada bagian ujung yang terdapat dalam gagang bunga, dengan tangkai panjang atau bagian cabang sumbu utama pada tanaman, misalnya seperti bunga magnolia grandiflora dan tulip. Sementara cluster sendiri terdiri dari 3 maupun lebih bunga yang berkumpul secara bersama-sama yang bercabang. Inflorescence sendiri istilah umum untuk sebuah kelompok atau rangkaian bunga.
Bunga merupakan struktur pembiakan dalam tumbuhan berbunga, yakni tumbuhan pada divisi magnoliophyta. Dimana bunga mengandung semua organ tumbuhan dengan fungsi menghasilkan biji lewat pembiakan. Itulah penjelasan mengenai klasifikasi bunga, pengertian bunga tunggal dan majemuk!
Klasifikasi Bunga, Pengertian Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra