Kamis, 10 Agustus 2017

Mengenal Struktur Bunga Sempurna dan Bagian-Bagiannya



Bunga Sempurna - Bunga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki tampilan yang sangat mempesona. Bunga menawarkan tampilan memukau dengan perpaduan warna hijau kelopak bunga dan indahnya warna mahkota bunga. Banyak orang yang dengan sengaja menanam berbagai macam bunga dengan warna yang beragam di kebun atau halaman mereka. Hal ini sangat tepat untuk memberikan sentuhan keceriaan dan kesegaran. Berbicara tentang bunga, ternyata bunga memiliki dua jenis struktur, yaitu struktur sempurna dan tidak sempurna. Struktur bunga sempurna dianggap memiliki tampilan yang lebih oke.
Apa yang sebenarnya membedakan struktur bunga sempurna dan tidak sempurna? Perbedaan tersebut terletak pada jumlah kelamin yang terdapat pada bunga tersebut. Yah, bunga yang memiliki struktur sempurna memiliki dua alat kelamin sekaligus dalam satu tubuh, yaitu putik dan benang sari. Maka dari itu, jenis bunga yang seperti ini juga sering dinamakan bunga banci. Dengan adanya dua alat kelamin dalam satu tubuh bunga tersebut, maka bunga dengan struktur sempurna dapat melakukan penyerbukan sendiri dan tidak memerlukan bunga lain.
bunga lengkap dengan bagian-bagiannya,bagian bagian bunga sepatu dan fungsinya,struktur bunga sepatu dan fungsinya,fungsi bagian bagian bunga,bagian bagian bunga mawar,fungsi bakal biji pada bunga,

Baca Juga : Pengertian Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk

Hal ini sangat berbeda dengan struktur bunga tidak sempurna. Bagian-bagian bunga yang memiliki struktur tidak sempurna tidak selengkap dengan bunga sempurna. Bunga ini hanya memiliki satu jenis kelamin. Dengan demikian, jika ingin melakukan penyerbukan, bunga ini memerlukan bunga dengan jenis kelamin yang berbeda. Contoh bunga yang memiliki struktur tidak sempurna adalah bunga buah salak. Untuk itu, jika Anda menanam buah salah, Anda harus menanam lebih dari satu tanaman salak dengan jenis kelamin yang berbeda. Dengan demikian, bunga tersebut dapat melakukan penyerbukan dan menghasilkan buah.
Berbicara tentang struktur bunga sempurna, ada baiknya jika Anda mengetahui bagian-bagian yang terdapat pada bunga secara lengkap. Bunga sempurna memiliki bagian-bagian yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Beberapa bagian bunga sempurna, antara lain tangkai bunga, dasar bunga, hiasan bunga, bakal biji, kelopak bunga, mahkota bunga, kepala putik, benang sari, tangkai sari, dan kepala sari.
Perlu Anda ketahui bahwa alat kelamin jantan pada bunga adalah benang sari, sedangkan alat kelamin betinanya adalah putik. Jika Anda ingin mengetahui bagian-bagian dari struktur bunga sempurna dengan lebih jelas, Anda dapat melihatnya melalui gambar struktur bunga. Gambar tersebut akan memberikan gambaran yang sangat jelas mengenai bagian dari bunga sempurna tersebut. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa kebingungan untuk membedakan struktur bunga sempurna dan tidak sempurna.
Demikianlah sedikit ulasan tentang struktur bunga sempurna. Dengan mengetahui informasi ini, Anda akan benar-benar mengetahui perbedaan antara bunga dengan struktur sempurna dan tidak sempurna. Dengan demikian, Anda tidak akan salah terka jika menemui keduanya dalam kehidupan nyata. Informasi ini juga akan sangat penting dalam upaya pembudidayaan tanaman.
Mengenal Struktur Bunga Sempurna dan Bagian-Bagiannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra