Jumat, 25 Agustus 2017

Mengenal Fungsi Bunga Bagi Tumbuhan



Fungsi Bunga Bagi Tumbuhan - Tumbuhan memiliki bagian tubuh sendiri antara lain bunga, buah, tangkai, akar dan daun. Setiap bagiannya memiliki fungsi masing-masing. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai fungsi bunga bagi tumbuhan. Tapi sebelumnya kita ulas sedikit fungsi batang bagi tumbuhan yaitu sebagai tempat menyalurkannya zat-zat yang dibawa dari akar untuk disalurkan ke seluruh bagian tumbuhan. Bagian bernama batang ini tentu teramat sangat penting karena tanpanya tumbuhan tidak bisa berdiri kokoh dan tidak mungkin berbuah ataupun berbunga. Tentunya bagian lain yang sangat menunjang kekokohan batang adalah akar.
Fungsi akar pada tumbuhan sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan dan mineral dari tanah yang mana zat-zat tersebut akan disalurkan ke seluruh tubuh melalui batang. Selain itu, tanpa akar yang kuat, batang pun tidak akan berdiri kokoh. Jadi pada intinya, setiap bagian tumbuhan memiliki fungsi yang saling menunjang. Nah, terlebih bagian tumbuhan berupa bunga. Seringkali orang-orang melihat bunga hanya sebagai penghias tumbuhan, padahal fungsi bunga bagi tumbuhan lebih dari itu. Keberlangsungan tumbuhan juga bergantung pada bunga.
3 fungsi bunga, fungsi akar bagi tumbuhan, fungsi batang bagi tumbuhan, fungsi biji bagi tumbuhan, fungsi buah bagi tumbuhan, fungsi bunga bagi bank, fungsi bunga pada tumbuhan, fungsi utama bunga,

Baca Juga : Pengertian Bunga Sempurna dan Tidak Sempurna

Pada dasarnya, terdapat fungsi bunga bagi tumbuhan yang utama yaitu untuk menarik serangga untuk membantu penyerbukan atau pembuahan. Bunga, dilihat saja begitu indah oleh mata. Asalkan Anda tahu, bunga tak hanya terlihat menarik oleh mata manusia, hewan pun demikian, khususnya serangga. Warna cerah, aroma kuat dan nectar atau madu yang kuat pada bunga mampu menarik serangga, lebah, dan burung hingga di mahkotanya kemudaan memindahkan serbuk sari dari bunga yang satu ke bunga lainnya. Jika penyerbukan berhasil maka bunga akan menghasilkan benih. Kelihatannya sederhana, tapi fungsi bunga inilah yang pada akhirnya membuat benih bunga baru dan menjadi penentu keberlangsungan hidup bunga.
Pada dasarnya, bunga yang normal memiliki tiga fungsi bunga bagi tumbuhan, antara lain bunga berguna untuk menyediakan platform bagi system reproduksi seksual tanaman. Hal ini berlaku untuk bunga berumah satu ataupun dua. Ketika penyerbukan terjadi maka ovulasi pun terbentuk dan berubah menjadi biji dengan ovariumnya bengkak dan terbentuklah buah (biasanya, karena tidak semua tanaman berbuah). Selain itu bunga juga berfungsi sebagai sarana untuk menyediakan mekanisme guna menarik penyerbukan supaya memfasilitasi penyerbukan.
Fungsi dari bunga yang lainnya adalah menyediakan platform untuk ovula supaya bisa dibuahi dan kemudian berkembang untuk selanjutnya didistribusikan menjadi buah dan biji. Sekarang Anda paham betapa pentingnya bunga untuk proses pembuahan alias reproduksi. Pada bunga, putik disebut sebagai alat kelamin betina dan benang sari merupakan alat kelamin jantan. Serbuk sari pada benang sari dipindahkan oleh serangga ke putik dan terjadilah proses pembuahan. Nah, demikianlah ulasan mengenai fungsi bunga bagi tumbuhan, semoga bermanfaat.
Mengenal Fungsi Bunga Bagi Tumbuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra