Ini Dia Efek Samping Bunga Rosella Bagi Tubuh



Efek samping bunga rosella untuk tubuh. Setiap orang pasti sudah banyak mengetahui manfaat yang terkandung pada bunga rosella. Hal ini dikarenakan bunga rosella mengandung sejumlah senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi tak heran jika bunga rosella banyak dimanfaatkan untuk menyehatkan tubuh. Manfaat bunga rosella sendiri sudah banyak dibuktikan oleh masyarakat Indonesia di antaranya menstabilkan tekanan darah, mencegah kanker dan menjaga stamina tubuh. Bahkan tak sedikit orang mengkonsumsinya untuk menurunkan berat badan atau diet.

Tanaman Herbal Bukan Berarti Tidak Mempunyai Efek Samping

Sebagian masyarakat tentunya cenderung berpikiran bahwa setiap tanaman atau obat herbal dipercaya tak akan memberikan efek samping sama sekali dibandingkan bahan kimia. Hal ini tentu tidak sepenuhnya benar, sebab walaupun herbal tapi tidak menjamin bahwa obat-obatan herbal tersebut tidak memiliki efek samping 100%. Hal yang perlu digaris bawahi adalah dalam kondisi tertentu, maka tanaman atau tumbuhan pun dapat bersifat racun untuk tubuh. Seperti halnya efek samping bunga rosella.
harga bunga rosella,cara mengkonsumsi bunga rosella,bahaya rosella,cara pengolahan bunga rosella,cara menanam bunga rosella,cara mengolah bunga rosella menjadi obat,bunga rosela,

Baca Juga : Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan 

Bunga rosella memang terbukti menyehatkan, karena di dalamnya mengandung sejumlah asam amino, vitamin, omega3, beta karoten dan masih banyak lagi. Dengan kandungan nutrisi tersebut tentunya bisa memberikan manfaat yang positif bagi tubuh. Bahkan rosella dipercaya dan terbukti bisa meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah asam urat, kolesterol dan masih banyak lagi. Akan tetapi, di samping manfaatnya tersebut ternyata ada efek samping negatif rosella yang mungkin belum Anda ketahui.

Efek Samping Rosella

Berdasarkan penelitian, rosella juga bisa menyebabkan efek samping bagi tubuh yang tidak menyenangkan. Dimana penggunaan bunga rosella sebagai minuman herbal secara rutin bisa menyebabkan masalah pencernaan sampai diare. Meskipun hal ini merupakan efek detoksifikasi pada senyawa yang terkandung dalam rosella namun reaksi DOC atau Direction of Cure sendiri bisa berbeda untuk setiap orang. Dimana DOC tak hanya bisa mengganggu sistem pencernaan sampai diare, tetapi juga bisa membuat jantung berdebar kencang, pusing dan keringat dingin.
Belum lagi kandungan vitamin C pada bunga rosella tergolong cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan gangguan pada organ ginjal. Hal ini dijelaskan oleh seorang pakar yang bernama Peter Harwick lewat jurnalnya  “Australian Food Plants Study Group”. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa terdapat 2 macam bunga rosella tak dianjurkan untuk dikonsumsi, di antaranya jenis Hibiscus heterophyllus dan Native Rosella.

Tips Mencegah Efek Samping Rosella

Untuk menanggulangi efek samping yang ditimbulkan dari bunga rosella ini, sebaiknya Anda mengonsumsi teh rosella memakai gelas kecil saja dengan 3 kuntum dari bunga rosella dengan meminum teh bunga rosella 3 kali sehari maksimal. Selain itu, tak perlu menunggu hingga teh tersebut berwarna merah. Teh rosella encer pun telah berkhasiat, hanya saja diminum dengan teratur. Dengan cara ini bisa mencegah timbulnya efek samping bunga rosella.