Ini Dia Cara Membuat Bunga dari Uang Kertas Untuk Mahar



Bunga dari Uang Kertas Untuk Mahar - Seni memang selalu penuh dengan inovasi dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Seni tak melulu soal lukisan mahal atau karya megah berbentuk patung besar seperti Garuda Wisnu Kencana. Seni seringkali justru muncul dari hal-hal sederhana. Seperti seni melipat uang kertas sehingga bisa dibentuk menjadi bentuk-bentuk indah. Tak jarang hasil kerajinan dari uang kertas ini dijadikan sebagai mahar pernikahan karena memberikan mahar dalam bentuk uang sekarang ini dianggap terlalu biasa. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan mengajarkan bagaimana cara membuat bunga dari uang kertas untuk mahar untuk pernikahan.
Membuat seni dari uang kertas berbentuk bunga sebetulnya tidak terlalu rumit. Namun yang Anda butuhkan adalah ketekunan dan kerajinan membuatnya. Kesabaran juga sangat penting sebab jika Anda sudah tidak sabar, maka bunga Anda tidak akan nampak indah. Tapi jika niat Anda untuk mahar, mana mungkin tidak dibuat sepenuh hati. Sebenarnya banyak sekali seni bunga dari kertas, termasuk cara membuat bunga dari kertas krep. Namun begitu, kertas krep tidak mungkin untuk mahar kan. Ya, langsung saja inilah cara membuat bunga dari uang kertas untuk mahar.
cara membuat mahar uang kertas bentuk kapal sederhana, cara membuat mahar uang kertas bentuk masjid, kreasi bunga dari uang kertas, melipat uang menjadi bunga, membuat mahar uang kertas bentuk wayang,

Baca Juga : Teknik Merangkai Bunga Plastik dengan Batang Pohon

Adapun beberapa bahan yang perlu dipersiapkan adalah 5 lembar uang (bisa uang seratus ribuan, lima puluh ribuan atau berapa saja). Selain itu, Anda juga membutuhkan 5 buah kawat yang dipotong dengan ukuran 20 cm, selotip daun, bunga plastik dan daun plastik sebagai hiasan tambahan. Adapun hal pertama dalam cara membuat bunga dari uang kertas untuk mahar adalah pembuatan bagian kuncupnya. Selanjutnya barulah membuat kelopak bunga. Dua bagian ini sangatlah penting. Perhatikan betul-betul cara pembuatannya seperti pada tutorial berikut:
  • Lipat uang menjadi dua bagian, membentuk segiempat. Pelintir bagian ujung ke bagian dalam dengan memelintir agak miring hingga ke tengah. Kemudian baliklah uang kertas dan gulung bagian sisanya ke dalam seperti ketika Anda melipat bagian pertamanya. Kerutkan bagian bawah kuncup tersebut dengan melipat kecil bagian tersebut menjadi berupa kerutan.
  • Ambillah satu buah kawat lalu masukkan kerutan kuncup tadi dan kerutkan lagi bawah kuncup bunga pada kawat dan pilinkan kawat menjadi satu. Sampai pada langkah ini simpan terlebih dahulu kuncup-kuncup yang Anda buat. Bisa dibuat nanti lagi.
  • Sekarang saatnya membuat kelopak. Empat lembar uang kertas yang tersisa akan dibuat menjadi satu kelopak. Ambillah satu lembar uang kemudian lipat miring atau menyilang. Pelintirlah ujung-ujung uang ke dalam dengan tusuk gigi untuk mempermudah. Kerutkan bagian bawah kelopak.
  • Ambillah satu buah kawat kemudian masukkan kelopak tadi ke kawat dan kerutkan lagi bagian bawahnya. Lilitkan kawat yang satu dengan yang lainya hingga melingkar erat. Buatlah 4 buah kelopak seperti ini.Cara membuat bunga dari uang kertas untuk mahar selanjutnya adalah merangkai bunga menjadi satu kesatuan. Ambillah kuncup bunga yang telah dibuat sebelumnya kemudian masukkan ujung bawah kawatnya atau tangkai kuncup ke lubang tengah kelopak tadi.
  • Atur dengan memutar posisi kelopak serapi dan seindah mungkin. Lilitkan kawat atau tangkai jadi satu bagian. Ambil kelopak lainnya dan masukkan ke dalam rangkaian kuncup bunga tadi. Susunlah kelopak bunga serapi dan seindah mungkin sampai 4 kelopak terpasang. Ambil selotip daun dan bungkuslah seluruh bagian tangkainya.
Selesai sudah membuat bunga dari uang, Anda bisa juga menambahkan daun pada bagian tangkainya untuk mempercantiknya. Cantik dan sempurna untuk mahar pernikahan bukan? Mahar pernikahan bisa juga terbuat dari uang logam, pasti Anda tertarik dengan cara membuat mahar dari uang logam, salahkah dipelajari karena Anda bisa menemukan tutorialnya di internet dengan mudah. Demikian ulasan mengenai cara membuat bunga dari uang kertas untuk mahar, semoga bermanfaat.