Mengenal Dibalik Fungsi Buah Pada Tumbuhan



Fungsi Buah Pada Tumbuhan - Salah satu hasil yang bisa diambil dari tumbuhan adalah buahnya. Bahkan, bisa dibilang buah itu sendiri adalah fungsi terpenting dari tumbuhan. Tentu saja untuk tanaman-tanaman tertentu yang tidak memiliki buah, keberadaannya tetap diperhitungkan karena memiliki manfaat dibagian lain, seperti akar, daun, batang, getah, bunga, dan masih banyak lagi. Dengan kreatifitas manusia, ada-ada saja memang hasil yang bisa diperoleh dari alam. Meskipun tumbuhan buah butuh waktu cukup lama untuk bisa dinikmati hasilnya, namun hal itu bukan berarti harus menyurutkan niat Anda untuk memiliki tanaman buah di rumah. Karenanya, fungsi buah pada tumbuhan, sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh kita juga.

Selain rata-rata buah rasanya enak dan segar saat dimakan, buah-buahan dari tumbuhan juga memiliki berbagai kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan. Namun, sebenarnya apa fungsi buah bagi tumbuhan, atau mengapa tumbuhan memutuskan untuk berbuah seringkali luput dari perhatian kita. Seperti matahari yang terbit dari timur dan tenggelam di barat, tumbuhan yang menghasilkan buah dinilai wajar-wajar saja. Mungkin poin-poin fungsi buah pada tumbuhan ini akan bisa membantu Anda:
fungsi biji pada tumbuhan,fungsi bunga pada tumbuhan,struktur buah pada tumbuhan,fungsi kulit batang pada tumbuhan,fungsi akar pada tumbuhan,fungsi bunga,fungsi kulit batang,

Baca Juga : Aneka Bunga Hidup Hiasan dalam Rumah

1.       Buah sebagai tempat menyimpan makanan tak terpakai
Tumbuhan membutuhkan air, mineral, dan juga sinar matahari untuk berfotosintesis. Dalam prosesnya, sari-sari makanan yang terkumpul ini sering berlebih dan membutuhkan tempat penyimpanan. Saat itulah kemudian tumbuhan mulai berbunga dan akhirnya berbuah. Seperti lebah yang menghasilkan madu, hanya sedikit sari makanan yang diambil atau dimanfaatkan oleh lebah sendiri, dan sari makanan yang semakin membesar menghasilkan buah yang semakin masak.

2.       Buah yang masak harus diunduh, atau akan membusuk
Jangan sungkan-sungkan, buah yang sudah masak memang sudah semestinya dipanen oleh manusia. Tanaman mengahasilkan buah untuk dituai oleh makhluk hidup lain yang menggantungkan sumber makanan darinya. Bila tidak diambil, makhluk hidup lain seperti burung, kera, dan lainnya juga bisa memanfaatkan buah yang telah masak sebagai sumber makanan.

3.       Buah menyimpan biji sebagai regenerasi
Biasanya di dalam buah, tanaman juga menyisipkan biji sebagai cikal regenerasinya. Dengan biji ini akan memungkinkan lahirnya tanaman-tanaman baru yang juga akan berbuah di kemudian hari. Karena itulah, rantai keseimbangan akan terus terjaga, pohon yang sudah tua bisa ‘pensiun’ dengan tenang karena telah menghasilkan banyak buah selama hidupnya.

Setelah membaca uraian diatas, semoga penghargaan kita dengan alam semakin bertambah, ya! Buah bukan hanya hasil alam yang bisa diambil oleh manusia, karena lebih dari itu, buah bagi tanaman seperti inti nyawanya, layaknya nilai keturunan bagi manusia. Jadi, meskipun waktu pertumbuhannya cukup lama, cobalah untuk menanam paling tidak satu tanaman buah sebagai bentuk penghargaan pada alam. Fungsi buah pada tumbuhan tidak lepas dari fungsi manusia pada alam itu sendiri.