Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Bunga Kamboja - Anda pasti sering melihat bunga yang banyak tumbuh atau sengaja di tanam di daerah kuburan, yaitu bunga kamboja. Keberadaanya di daerah kuburan seringkali membuat bunga tersebut identik dengan tanaman untuk orang meninggal. Selain itu, bunga tersebut juga identik dengan orang Bali yang sering mengenakannya ketika upacara adat sehingga tak salah jika bunga tersebut juga diidentikkan dengan hal-hal mistis. Padahal bunga tersebut sangat indah jika dilihat, baunya pun menyegarkan hidung dan menyejukkan mata.
Mungkin kamboja yang sering Anda lihat kamboja berwarna putih dengan bagian tengahnya kuning, tapi sebenarnya masih ada Jenis Bunga Kamboja lainnya yaitu yang berwarna putih dengan pink pada bagian tengah. Adapun kamboja terdapat dua ukuran yang berbeda. Kamboja kecil alias kerdil sering dijadikan hiasan yang ditanam di pot dan sebagai penghias halaman depan rumah. Sedangkan kamboja besar yang tingginya bisa bermeter-meter sering Anda jumpai tumbuh di pekarangan atau kuburan.
cara merawat bunga kamboja,bunga kamboja jepang,jenis bunga kamboja,ciri ciri bunga kamboja,klasifikasi bunga kamboja,bunga kamboja merah,nama latin bunga kamboja,bunga kamboja kering,

Baca Juga : Mengenal Bunga Melati dan Manfaatnya 

Mungkin kebanyakan dari Anda menganggap bunga ini terlalu magis, tapi sebenarnya bunga tersebut memiliki banyak khasiat. Perlu Anda ketahui, berbagai manfaat bunga kamboja untuk kesehatan dan kecantikan ini cukup banyak. Diantaranya adalah:
  • Khasiat bunga kamboja untuk kesehatan

Tak heran jika orang-orang Bali sering menggunakan kamboja sebagai bunga yang ditabur dalam bak mandi. Karena memang bunga kamboja sangat berkhasiat untuk kecantikan. Bunga tersebut mengandung minyak yang bisa menguap yaitu sitronellol, farnesol, geraniol, linallol dan feneilalkohol. Kandungan tersebut masih didukung oleh emolien dan vitamin E yang baik untuk pengobatan dan menjaga kecantikan, khususnya kecantikan kulit. Kandungan dalam kamboja mampu melembutkan, melembabkan, member nutrisi dan menjaga elastisitas kulit.

  • Obat bisul
Manfaat bunga kamboja untuk menjaga kecantikan kulit tentu tak bisa disansikan lagi, Anda tentu tahu beberapa produk kecantikan menggunakan sari atau ekstrak kamboja. Nah ternyata bunga ini dapat mengobati penyakit bisul. Bisul, memang bukan penyakit mengancam nyawa, tapi kalau tak diobati pasti sakit rasanya dan bejolannya sangat mengganggu. Nah, sekarang saatnya kembali pada pengobatan tradisional dengan kamboja.
Terdapat dua cara atau metode mengobati bisul dengan kamboja, yaitu dengan melemaskan daun kamboja yang ditetesi minyak kelapa, kemudian dioleskan pada bisul dan biarkan hingga kering, barulah diganti dengan daun lain. Sedangkan cara kedua dengan mengoleskan getah kamboja pada bagian bisul.
  • Mengatasi bengkak
Khasiat bunga kamboja memang luar biasa. Selain mengobati bisul, bunga tersebut juga bisa mengatasi bengkak akibat benturan atau sebab lainnya. Gunakan kulit pohon bunga tersebut dengan menumbuknya sampai hancur, kemudian rebus pakai air mendidih dan rendamlah tubuh Anda yang bengkak dengan air tersebut.
Selain bengkak hilang, kaki Anda juga akan terasa lebih segar dan rileks dengan berendam pada air bunga kamboja. Hal ini bisa juga dijadikan sebagai cara relaksasi murah dan mudah.  Sekang Anda sudah paham bukan kalau kamboja memiliki banyak fungsi yang luar biasa.