Khasiat Bunga Teratai Bagi Kesehatan

Bunga Teratai - Kebanyakan dari Anda tahu kalau bunga tumbuh diatas permukaan tanah, menusuk, membumi ke dalam tanah. Tapi lain halnya dengan bunga teratai. Bunga tersebut sangat unik, hidup diatas air dengan anggun memperlihatkan wujdunya. Anda dapat dengan mudah menemukan bunga tersebut di kolam ikan ataupun kolam alami. Ia bak seorang puteri sedang bertengger diatas sapuan air yang tenang, indah dipandang. Diam penuh keajaiban karena ternyata ada banyak manfaat bunga teratai yang baik untuk kesehatan. Bunga yang satu ini bisa dibilang sangat ajaib karena khasiatnya cukup besar untuk dunia medis.
Banyak orang yang tidak tahu kalau bunga teratai bisa mengobati banyak penyakit. Pada umumnya, orang-orang hanya mengenal manfaat bunga teratai salju, padahal teratai biasa pun punya banyak kegunaan besar untuk keberlangsungan manusia. Bagi mereka yang tidak melakukan budidaya ikan sehingga butuh teratai untuk mendiaminya, mungkin memandang sepele bunga yang satu ini. Mulai sekarang buang jauh-jauh pikiran tersebut. Mata Anda harus terbuka dan Anda harus punya wawasan luas tentang khasiat bunga yang satu ini. Banyak penyakit berat yang bisa diobati dengan bunga unik tersebut.
arti bunga teratai,ciri-ciri bunga teratai,ciri khusus bunga teratai,khasiat bunga teratai,manfaat bunga teratai,bunga teratai putih,cara menanam bunga teratai,

Baca Juga : Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Tanpa basa-basi, mari pelajari kegunaan bunga teratai untuk kesehatan. Anda akan terkejut betapa luar biasanya si teratai ini. Baiklah, tak perlu menunggu lama lagi, inilah khasiat teratai untuk kesehatan:
  • Mengobati demam berdarah
Beberapa waktu yang lalu, DBD alias demam berdarah sempat menjadi wabah menakutkan di Indonesia. Banyak orang menjadi korban dan meninggal dunia. Perlu Anda ketahui, ada obat tradisional yang bisa menggontai penyakit tersebut yaitu dengan teratai. Caranya ambillah rimpang teratai secukupnya kemudian bersihkan. Potong-potonglah sesuka Anda kemudian buatlah menjadi jus teratai sebanyak 250 cc dan langsung minum semuanya.

  • Mengobati darah tinggi
Kebanyakan orang mengetahui obat darah tinggi hanya timun dan semangka. Banyak yang tidak tahu kalau bunga teratai bisa mengobati darah tinggi juga. Pengolahannya pun mudah, yaitu cukup dengan mengambil 10 gr biji teratai dan 15 gr tunas teratai. Kemudian keduanya direbus dengan 350 cc air hingga mendidih dan airnya menyusut sampai 200 cc. Setelah obat jadi, segera minum setiap hari. Minumlah ketika sedang minum kopi atau teh.

  • Sebagai Obat disentri
Teratai ternyata cukup efektif mengobati disentri. Adapun caranya adalah dengan mengambil 50 gr rimpang teratai dan 10 gr jahe, lalu bersihkan. Haluskan kedua bahan dengan diblender dan imbuhkan 100 cc air. Setelah itu, rebus adonan tadi dengan sampai mendidih dan tambahkan satu sendok makan madu. Aduk hingga rata dan barulah diminum.
Bunga unik yang satu ini masih memiliki manfaat lain yaitu mengobati mimisan dan sebagai obat diare.  Untuk mengobati mimisan, cucilah ruas akan teratai dan bersihkan. Selanjutnya haluskan dengan blender, ambil airnya saja dan teteskan pada hidung. Ambillah 50 gr rimpang teratai untuk mengobati diare serta 15 gr jahe. Buatlah menjadi jus dan minum tiga kali dalam sehari. Demikian ulasan mengenai kegunaan bunga teratai, semoga bermanfaat.