Sabtu, 09 September 2017

Fungsi Kepala Sari Pada Bunga, Kamar Bagi Sel Jantan

Kepala Sari Pada Bunga - Setiap tanaman membutuhkan cara untuk melakukan perkembangbiakan. Bunga adalah salah satu bagian tumbuhan yang menjadi tempat terjadinya perkembangbiakan secara generative, yaitu perkembangbiakan dengan proses penyerbukan dan pembuahan. Kepala sari adalah bagian dari bunga yang cukup penting. Fungsi kepala sari pada bunga adalah tempat beradanya ruang sari dimana terdapat serbuk sari atau polen yang menjadi sel jantan dalam proses penyerbukan tanaman.
Mungkin Anda pernah bertanya, kenapa bunga menjadi bagian yang paling cantik dari suatu tanaman? Ia selain memiliki aroma tertentu juga berwarna-warni sehingga mengundang serangga, kumbang, kupu-kupu, lebah dan bahkan Anda sendiri untuk datang. Keindahan dan daya tarik bunga memang memiliki tujuan untuk mengundang datangnya bantuan bagi proses perkembangbiakan tanaman.
fungsi kepala sari pada bunga,fungsi kepala putik pada bunga,fungsi bakal biji pada bunga,fungsi tangkai putik,fungsi putik pada bunga,fungsi bakal biji,fungsi bakal buah,

Baca Juga : Mengenal di Balik Fungsi Buah Pada Tumbuhan

Pada proses penyerbukan, agar terjadi pembuahan harus terjadi pertemuan antara sel jantan dan betina. Pada proses itu tanaman membutuhkan kehadiran kupu-kupu atau serangga lainnya untuk melakukan penyerbukan. Jadi jangan heran, tanpa kehadiran kupu-kupu, serangga, semut dan lebah Anda tak akan mendapatkan buah-buahan yang Anda suka karena tanaman kesulitan membentuk buah.
Pada bunga terdapat banyak sekali bagian. Diantaranya benang sari, kepala sari, putik, kepala putik, tangkai putik, mahkota, bakal biji, ovarium dan lain sebagainya. Semua bagian itu memiliki fungsi, jadi bukan cuma hiasan saja. Fungsi kepala sari pada bunga misalnya seperti disinggung diatas, adalah tempat yang kompleks terdiri dari dinding yang berlapis-lapis dengan ruang sari dibagian tengahnya. Lapisan pada dinding kepala sari terdapat berbagai jaringan seperti epidermis, endotesium atau tapetum. Jadi jangan sepelekan setiap bagian pada bunga.
Kepala sari ini tak akan menonjol tanpa didukung tangkai sari, manfaat kepala sari pada bunga tak berarti tanpa kehadiran tangkai sari. Walaupun tangkai sari hanya berupa sel-sel parenkimatis sederhana. Jika Anda mematahkannya, pembuahan tentu tak bisa berjalan karena serbuk sari yang penting bagi pembuahan ada didalam kepala sari.
Sama halnya jika tidak ada putik atau alat kelamin betina. Pada tumbuhan tertentu, alat kelamin betina dan jantan terdapat pada bunga yang berbeda, ini disebut bunga tidak lengkap atau bunga berkelamin tunggal. Contoh bunga berkelamin tunggal adalah salak dan siwalan. Jadi supaya pohon salak bisa menghasilkan buah salak, para petani salak harus rajin membantu penyerbukan pada bunga-bunga salak bakal buah salak tadi. Jika tidak, alamat tidak bisa panen.
Setelah kita mengetahui fungsi kepala sari pada bunga, juga fungsi masing-masing bagian bunga maka kita jadi tahu bahwa menjaga keseimbangan alam lingkungan kita sangat penting. Agar terjamin keberlanjutan pangan manusia, maka daya dukung lingkungan harus dijaga. Bunga, binatang, hewan-hewan bahkan serangga-serangga kecil harus bisa berkembangbiak secara seimbang. Karena setiap makhluk hidup memiliki peran dan fungsinya masing-masing. 
Fungsi Kepala Sari Pada Bunga, Kamar Bagi Sel Jantan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra