Sabtu, 02 September 2017

5 Langkah Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Dengan Tepat

Cara menanam bunga wijayakusuma agar tumbuh baik. Bunga wijaya kusuma dengan nama latin Epiphylluum anguliger merupakan tanaman hias yang berbunga dan termasuk ke dalam famili kaktus-kaktusan. Bunga wijaya kusuma memiliki daun yang berwarna hijau dengan bentuk pipih memiliki lekukan berukuran kecil pada bagian tepinya. Umumnya tanaman bunga wijaya kusuma ini lebih menyukai area tanah yang subur dan sejuk, hal ini mengingat bahwa habitat asli tanaman ini terletak di hutan belantara. Cara budidaya bunga wijaya kusuma juga terbilang cukup mudah dilakukan.

Bunga wijaya kusuma banyak digemari penghobi tanaman khususnya sebab mempunyai bunga berwarna putih yang bersih dengan aroma harum semerbak. Pasalnya, bunga wijaya kusuma ini hanya akan mengembang dan mekar saat tengah malam lalu berguguran ketika menjelang pagi hari. Hal inilah mengapa bunga yang satu ini mempunyai keistimewaan nilai mistik. Sehingga tak jarang banyak digunakan untuk acara ritual adat. Cara menanam dan merawat bunga wijaya kusuma cukup mudah, Anda hanya memerlukan peralatan yang biasa digunakan untuk menanam bunga pada umumnya.
cara menanam dan merawat bunga wijaya kusuma,perawatan pohon  bunga wijaya kusuma,menanam bunga wijaya kusuma merah,harga bunga wijaya kusuma,misteri mustika dan khasiatbunga wijaya kusuma,

Baca Juga : Fakta Tentang Bunga Daffodil

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Supaya Tumbuh Cepat

Untuk menanam bunga wijaya kusuma, Anda hanya memerlukan alat juga bahan-bahan seperti pasir, bibit bunga wijaya kusuma, pot, cacahan pakis yang halus, pupuk kandang, air, sekop kecil, pecahan genteng dan tanah humus. Adapun langkah cara menanam bunga wijaya kusuma bisa Anda ikuti tutorialnya di bawah ini!
  • Pertama-tama siapkan terlebih dulu bibit bunga wijaya kusuma, baik didapat dari toko pertanian di sekitar rumah atau dengan membuat bibit bunga sendiri lewat stek batang. Dimana dengan cara memotong bagian batang tanaman bunga yang segar dan sehat sekitar 12-18 cm. Lalu diangin-anginkan batang tersebut hingga 2-3 hari. Kemudian tanamkan bagian pangkal batang pada media tanam dengan kedalaman 5-7 cm.
  • Bunga wijaya kusuma umumnya menyukai tempat atau media tanam bersih, porous dan subur. Dalam hal ini, Anda dapat membuat sebuah media tanam dengan cara mencampurkan pupuk kandang, pasir, tanah humus dan cacahan dari pakis halus memakai perbandingan 3:2:4:1. Kemudian media tanam tadi dimasukkan pada pot yang sudah diberi alas berbentuk pecahan genteng untuk penahan.
  • Adapun penyiraman bunga wijaya kusuma lebih baik disesuaikan oleh kondisi iklim pada daerah setempat. Jika kemarau, maka tanaman ini bisa disiram 2 kali sehari dengan begitu kebutuhan air pun dapat tercukupi. Sementara di musim penghujan sendiri, sebaiknya kurangi frekuensi tahap penyiraman sekali dua hari.
  • Wijaya kusuma dapat dilakukan pemupukan saat sebulan seusai penanaman. Dimana idealnya, tahap pemupukan ulang ini memakai pupuk NPK yang komposisinya seimbang. Adapun dosis yang digunakan 1 sdt tiap tanaman.
  • Penyiangan wajib dilakukan dengan rutin untuk mencegah adanya gulma pada pot tanaman. Lakukan perawatan dan pemberian insektisida serta fungisida dengan teratur, juga pemangkasan di bagian tanaman berpenyakit.
Dengan langkah cara menanam bunga wijaya kusuma diatas, Anda pun bisa membudidayakan tanaman bunga wijaya kusuma dengan baik supaya tanaman ini tumbuh dengan cepat dan berkembang mekar.
5 Langkah Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma Dengan Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra