Rabu, 09 Agustus 2017

Sejarah Bunga Wijaya Kusuma dalam Berbagai Versi



Bunga wijaya kusuma yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan Pisona grandis varietas silvestris adalah bunga langka yang cantik dan hanya mau mekar di malam hari. Oleh karena itu tak salah jika bunga ini diberi julukan Sang Ratu Malam. Daya tarik bunga ini tidak hanya pada keindahan dan kelangkaannya saja, tetapi daya tarik utama terletak pada sejarah bunga wijaya kusuma itu sendiri. Cukup banyak cerita rakyat yang menyertai asal usul bunga wijaya kusuma, cerita tersebut lebih ke arah mitos daripada kearah ilmiahnya.
Mitos bunga wijaya kusuma yang menceritakan tentang sejarah asal usul bunga ini cukup banyak karena setiap daerah memiliki versi sendiri-sendiri. Khasiat bunga wijaya kusuma bagi masyarakat terkait dengan kekuasaan dan kewibawaan. Sejarah bunga wijaya kusuma yang pertama yaitu bunga ini berasal dari pusaka Sri Bathara Kresna yang dipercaya memiliki kesaktian yang luar biasa. Kemudian pusaka ini dilabuh dan berubahlah menjadi tumbuhan yang membuat sistem perakaran di atas batu karang. Bunga ini bisa Anda temukan didaerah Nusakambangan.
keistimewaan bunga wijaya kusuma,harga bunga wijaya kusuma,mitos bunga wijaya kusuma,khasiat bunga wijaya kusuma,bunga wijaya kusuma mekar,mustika bunga wijaya kusuma,sejarah bunga wijaya kusuma,

Baca Juga : 5 Langkah Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Arti bunga wijaya kusuma secara bahasa yaitu wijaya berarti kemenangan, dan kusuma berarti bunga. Secara istilah wijaya kusuma adalah bunga yang harus dimiliki olah calon pemimpin atau raja sebelum dinobatkan secara resmi memegang tampuk pemimpinan tertinggi dibawahnya. Cerita lain tentang sejarah bunga wijaya kusuma yaitu terkait dengan kisah mistis Nyi Roro Kidul. Berdasarkan cerita yang ada konon katanya dulu ada putri cantik, yang kemudian diasingkan ke daerah pantai selatan. Putri tersebut sedang mengandung dalam alam gaib, dan kemudian sang putri menceburkan diri ke laut.
Janin yang dikandung sang putri kemudian terlahir secara gaib dalam keadaan cacat, dan sang anak ini digambarkan sebagai bunga wijaya kusuma. Sejarah bunga wijaya kusuma selanjutnya berasal dari kisah pewayangan. Dulu ada nelayan yang sedang mencari ikan di laut, kemudian mereka melihat orang yang sedang duduk merenung. Orang tersebut adalah nelayan. Ketika nelayan akan mengambil bunga itu dia berkata bahwa sebenarnya di Pulau Badong ada dua pemimpin yang berhak memiliki bunga wijaya kusuma.
Demikianlah sedikit cerita mengenai sejarah bunga wijaya kusuma menurut beberapa versi. Memang tidak ada yang tahun pasti bagaimana asal usul bunga yang dikeramatkan oleh masyarakat ini, tugas kita adalah melastarikannya agar bunga yang indah ini tidak punah dan tetap terjaga kelestariannya. Dengan adanya mitos ini jangan sampai membuat Anda menjadi takut untuk memelihara bunga wijaya kusuma di rumah. Yang penting jika Anda memelihara bunga wijaya kusuma di rumah, Anda harus memeliharanya dengan baik mulai dari menyirami hingga menyianginya dari gulma. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda para pecinta bunga.
Sejarah Bunga Wijaya Kusuma dalam Berbagai Versi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra