Selasa, 29 Agustus 2017

Mengenal Bunga Raflesia dan Keterangannya yang Lengkap



Bunga raflesia dan keterangannya yang lengkap akan dibahas dalam pembahasan kali ini. Bagi Anda pencinta tanaman hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama bunga raflesia. Jenis bunga ini termasuk salah satu jenis bunga langka yang hanya ada di Indonesia dan sangat sulit untuk ditemukan. Keberadaan bunga ini pertama kali diketahui pada saat penjajahan Belanda, tepatnya ditemukan oleh Raffless yang merupakan gubernur Hindia pada saat itu. Hal inilah yang menyebabkan bunga ini dinamakan dengan nama raflesia sesuai dengan nama yang menemukannya.
Bunga raflesia ini juga dikenal sebagai bunga raflesia arnoldi yang langka. Keberadaan bunga ini hanya bisa ditemukan di daerah hutan tropis sehingga sangat sulit untuk ditemukan. Raflesia arnoldi ini termasuk jenis tanaman merambat yang bersifat parasit. Hal ini dikarenakan bunga ini hidup diakar tumbuhan inangnya dan menyerap semua jenis zat organik dan organik dari akar tumbuhan inangnya. Walaupun termasuk tumbuhan parasit, tapi bunga ini tergolong bunga yang langka dengan proses pembuahan yang sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama.
asal dan manfaat bunga raflesia, bentuk bunga raflesia, ciri khusus bunga raflesia, pengertian bunga raflesia, penjelasan bunga raflesia arnoldi, perbedaan bunga raflesia dan bunga bangkai,

Baca Juga : 6 Bunga Terindah Didunia

Bunga raflesia dan keterangannya yang sering didapatkan adalah termasuk bunga dengan ukuran yang besar dan berbau busuk. Hal ini benar adanya, bunga ini termasuk dalam jenis bunga raksasa dengan ukuran diameter bunga mencapai 100 cm atau 1 meter. Sedangkan berat dari bunga ini bisa mencapai 10 sampai 11 kg. Tidak seperti tanaman bunga lainnya yang mempunyai daun dan tangkai, bunga raflesia tidak mempunyai tangkai ataupun daun. Yang dimiliki oleh bung ini hanyalah kelopak bunga yang besar dan berjumlah 5 serta bagian tengahnya terdapat lubang.
Ciri khusus bunga raflesia ini memang ada pada kelopak bunganya yang besar dan bagian tengahnya yang berlubang. Lubang bagian tengah bunga ini merupakan dasar dari bunga yang berisi putik atau benang sari. Jenis bunga ini termasuk bunga berumah satu atau bunga tidak sempurna. Hal ini dikarenakan bunga ini hanya mempunyai satu alat kelamin saja yaitu putik atau benang sari. Jadi, dalam satu bunga raflesia hanya ada putik saja atau benang sari saja. Sehingga proses penyerbukan dari bunga ini cukup sulit karena dibutuhkan dua jenis bunga dengan jenis kelamin berbeda dengan letak yang berdekatan.
Jenis bunga yang berumah satu ini menjadikan bunga raflesia sulit untuk dibudidayakan sehingga keberadaan bunga ini sangatlah langka. Apalagi bunga ini hanya tumbuh sembilan bulan sekali di tempat yang sama. Proses tumbuhnya yang lama ini tidak sebandingkan dengan lama hidupnya yang hanya mampu bertahan hanya 1 minggu. Hal inilah yang menjadikan bunga raflesia dan keterangannya sangat banyak dicari. Bunga yang langka ini harus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah. Kepunahan dari bunga ini tidak hanya disebabkan waktu pertumbuhannya saja yang lama tapi juga karena hutan Indonesia yang semakin sempit dan gundul.
Mengenal Bunga Raflesia dan Keterangannya yang Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra