Jumat, 25 Agustus 2017

Klasifikasi dan Nama Latin Bunga Kembang Sepatu



Bunga Kembang Sepatu - Siapa yang tidak tahu kembang sepatu, kembang atau bunga yang mempunyai warna mencolok ini merupakan salah satu bunga hias yang sangat mudah untuk dijumpai. Nama latin bunga kembang sepatu juga sudah ditetapkan sejak bunga ini pertama kali ditemukan. Kembang sepatu ini pertama kali ditemukan di wilayah Asia Timur. Warnanya yang mencolok membuat siapa saja tertarik untuk melihatnya. Apalagi bunga ini termasuk dalam bunga yang sangat mudah tumbuh, hal ini disebabkan kembang sepatu sangat baik dalam beradaptasi dengan lingkungan tempat untuk menanamnya.
Bunga yang dapat tumbuh di daerah tropis dan sub tropis ini mempunyai ciri-ciri yang mencolok pada warna dan kelopak bunganya. Ciri-ciri bunga kembang sepatu yang paling mudah dikenali adalah bentuk bunganya yang mekar dengan putik dan benang sari yang terlihat jelas didalam bunga. Warna dari bunga yang mencolok juga menjadi salah satu ciri utama dari bunga kembang sepatu ini. Bunga kembang sepatu ini mempunyai warna yang beraneka ragam, diantaranya yaitu merah, kuning, orange, dan pink. Selain warnanya mencolok, kelopak bunga dari kembang sepatu ini juga terasa lembut.
bunga kembang sepatu dan bagian-bagiannya,cara menanam bunga kembang sepatu,bunga kembang sepatu dan penjelasannya,klasifikasi bunga kembang sepatu,ciri ciri morfologi bunga kembang sepatu,

Baca Juga : Bunga Euphorbia Penyebab Kanker

Jumlah kelopak bunga dari kembang sepatu ini sesuai dengan nama latin bunga kembang sepatu yaitu ada 5 buah. Biasanya bentuk kelopak bunga dari kembang sepatu ini cukup besar dan lebar. Jika diamati, kelopak dari bunga kembang sepatu ini agak lonjong dan memanjang. Namun sayangnya, bunga kembang sepatu ini tidak seperti bunga mawar yang berbau harum, kembang sepatu justru tidak mempunyai bau. Jika Anda mencoba mencium bau bunga ini maka tidak akan tercium bau. Hal inilah yang menyebabkan klasifikasi bunga kembang sepatu masuk dalam kelas Malvaceae atau kelas tanaman belukar.
Nama latin bunga kembang sepatu yaitu Hibiscus rosa-sinensis L dan masuk dalam genus Hibicus dan famili Malvaceae. Bentuk bunga yang indah dan warnanya yang menarik ini sering kali menarik perhatian banyak orang untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Tidak salah jika bunga ini sangat mudah untuk ditemui diberbagai pekarangan rumah warga, terutama di daerah Sumatera dan Kalimantan. Selain itu, bunga kembang sepatu ini juga menjadi salah satu bunga nasional negara Malaysia. Bunga sepatu ini memang sangat mudah ditemukan di Malaysia sehingga pemerintah Malaysia menjadikannya sebagai bunga nasional.
Keindahan dari bunga ini tidak hanya pada penampakannya dan nama latin bunga kembang sepatu saja. Belum banyak yang menyadari bahwa kembang sepatu ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan terutama untuk organ kewanitaan. Banyak orang Melayu yang percaya bahwa air rendaman kembang sepatu ini baik untuk mengobati keputihan dan membunuh kuman di organ intim wanita. Selain itu, air rebusan kembang sepatu juga dipercaya bisa melancarkan haid bagi wanita. Untuk melancarkan haid, air rebusan kembang sepatu ini perlu dicampur dengan cuka beras.
Klasifikasi dan Nama Latin Bunga Kembang Sepatu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra