Sabtu, 12 Agustus 2017

Ciri-Ciri dan Morfologi Bunga Kembang Sepatu



Morfologi bunga kembang sepatu merupakan salah satu hal yang mungkin sebaiknya Anda ketahui. Mungkin Anda cukup sering melihat bunga sepatu tetapi tidak begitu mengerti tentang bagian-bagian dari bunga kembang sepatu. Sebelum mengetahui tentang ciri-ciri bunga kembang sepatu, lebih baik mengenal terlebih dahulu tentang morfologi. Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui tentang pengertian morfologi ini sehingga dapat dikatakan masih cukup kebingungan dengan istilah dalam Biologi ini.
Pengertian morfologi sendiri adalah salah satu cabang ilmu Biologi yang secara khusus mempelajari atau membahas tentang tatat bentuk luar atau juga struktur dari suatu organisme. Kali ini yang akan dibahas adalah morfologi bunga sepatu yang untuk namanya di daerah akan berbeda-beda walaupun memiliki maksud yang serupa. Setelah mengetahui tentang pengertian dari morfologi tentunya akan membahas tentang bunga sepatu dan beberapa contoh morfologinya.
bunga kembang sepatu dan bagian-bagiannya,ciri ciri bunga kembang sepatu,klasifikasi bunga kembang sepatu,struktur morfologi bunga kembang sepatu,anatomi bunga kembang sepatu,morfologi bunga,

Baca Juga : Klasifikasi dan Nama Latin Bunga Kembang Sepatu

Mungkin yang cukup terlihat secara nyata adalah bentuk luar dari bunga kembang sepatu ini. Bunga sepatu ini merupakan salah satu tanaman perdu yang dapat tumbuh dengan ketinggian hingga mencapai 3 meter. Biasanya, batang dari tanaman bunga sepatu ini memiliki warna yang cenderung ungu. Morfologi bunga kembang sepatu yang lainnya adalah daun bunga sepatu ini memiliki bagian tepi yang tidak merata dan berbentuk bergerigi. Sedangkan untuk bunganya memiliki bentuk menyerupai terompet.
Morfologi bunga kembang sepatu yang lainnya terletak pada lokasi tumbuhnya. Dimana bunga sepatu ini akan tumbuh di ketiak daun. Selain itu, bunga sepatu memiliki kelopak yang berbentuk seperti lonceng yang berwarna kekuningan atau bahkan masih hijau. Dibagian kelopak tersebut biasanya memiliki bakal buah bunga sepatu yang berukuran cukup kecil. Bentuknya lonjong yang panjangnya mungkin sekitar 4 mm. Bahkan bakal buah ini sering digunakan untuk bermain anak-anak karena jika dipotong akan mengeluarkan lendir.
Morfologi bunga kembang sepatu mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Bunga sepatu merupakan salah satu bunga yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Bahkan sering kali untuk mengetahui madu bunga, biasanya menggunakan bunga kembang sepatu ini untuk membuktikannya. Madu juga dimiliki oleh kembang sepatu. Hanya saja untuk kembang sepatu yang sudah mekar, kandungan madunya cukuplah sedikit. Berbeda dengan kandungan madu yang ada di bunga kembang sepatu yang masih menguncup. Itu adalah salah satu ciri morfologi bunga sepatu.
Morfologi bunga kembang sepatu secara garis besarnya memang karakter yang ada dalam bunga kembang sepatu yang dapat dikatakan sangat mudah diperhatikan, sehingga akan memudahkan dalam pengetahuan. Terlebih lagi, beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh bunga sepatu ini tidak dijumpai di bunga-bunga yang lain. Hal itulah yang membuat bunga sepatu menjadi memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan, di Malaysia saja bunga sepatu digunakan sebagai bunga nasional yang disebut sebagai bunga raya.
Ciri-Ciri dan Morfologi Bunga Kembang Sepatu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra