Minggu, 06 Agustus 2017

Bunga Rosella dan Manfaatnya Untuk Kesehatan



Bunga rosella dan manfaatnya untuk kesehatan. Bunga rosella dengan nama ilmiah Hibiscus sabdariffa, memang sangat familiar terlebih lagi khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui khasiat bunga rosella untuk kesehatan. Bunga rosella sendiri bukan berasal dari Indonesia, tetapi bunga tersebut mampu tumbuh dengan subur di negara kita. Mulanya, bunga rosella sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah karena bentuknya yang cantik.
Bunga rosella dan manfaatnya sebenarnya sudah banyak diteliti, bahkan bunga ini dapat dijadikan sebagai minuman herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat bunga rosella untuk kesehatan sendiri dikarenakan memiliki kandungan nutrisi penting di dalamnya. Bunga rosella mengandung asam sitrat dan malat hingga persentase 13%, vitamin C, anthocyanin gossipetin 2%, protein, asam miristin 2,1%, asam palmitolik 2%, palmitin 35,2%, oleat 34%, linoleat 14%, dan juga kandungan sterol pada bagian biji dari bunga rosella.
bunga rosella untuk diet,manfaat bunga rosella untuk kecantikan,cara mengolah bunga rosella,manfaat bunga rosella merah dan hitam,manfaat bunga rosella ungu,bunga rosella bagi kesehatan,

Baca Juga : Ini Dia Efek Samping Bunga Rosella Bagi Tubuh

Manfaat dan Khasiat Bunga Rosella Bagi Kesehatan
Kandungan bunga rosella dan manfaatnya sendiri memang berperan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Ada beberapa manfaat dan khasiat bunga rosella untuk kesehatan yang perlu kita ketahui, sebagai berikut:
1.       Mencegah Penyakit Kanker
Dengan kandungan yang terdapat pada bunga rosella, ternyata diketahui khasiatnya untuk menghambat perkembangan sel-sel penyebab kanker berbahaya dalam tubuh. Bunga rosella ini berperan penting untuk mencegah dan menanggulangi kerusakan DNA, seperti halnya pada penyakit kanker darah atau leukimia.
2.       Sebagai Sumber Antioksidan
Manfaat bunga rosella berikutnya adalah sebagai antioksidan yang terletak dibagian kelopak bunganya. Anti oksidan pada bunga rosella tak lain karena rosella mengandung senyawa fenolik. Pasalnya, kandungan senyawa fenolik ini 4 kali lebih besar daripada antioksidan yang terdapat dalam kumis kucing. Adapun manfaat antioksidan yang terdapat pada bunga rosella dapat melindungi penuaan dini, mengatasi gejala dari penyakit jantung, diabetes dan kanker.
3.       Menstabilkan Tekanan Darah
Teh rosella juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah bagi yang hipertensi. Selain itu, rosella juga berperan penting untuk mengatasi masalah kolesterol. Saat terjadi hipertensi, maka metabolisme pun akan terganggu. Teh rosella mengendalikan tekanan darah dengan begitu bisa membantu mencegah permasalahan kesehatan yang serius. Ekstrak kelopak pada bunga rosella bisa menggantikan captopril untuk penderita hipertensi. Anda bisa memanfaatkan teh rosella sebagai terapi menurunkan tekanan darah hingga 12 hari.
4.       Menjaga Daya Tahan Tubuh
Bunga rosella juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sistem imunitas tubuh berkaitan dengan kekebalan tubuh untuk menangkal berbagai macam penyakit yang timbul. Jika mengonsumsi rosella secara teratur, maka bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan bertahap.
Beberapa manfaat rosella di atas, tentunya memberikan kabar baik bagi kita semua. Rosella sebagai pencegahan dan pengobatan tradisional sangat efektif dan berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Demikian ulasan mengenai bunga rosella dan manfaatnya untuk kesehatan, semoga bermanfaat!

Bunga Rosella dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra