Selasa, 22 Agustus 2017

Bunga Lengkap dan Tidak Lengkap Beserta Contohnya yang Ada di Sekitar Kita



Bunga Lengkap dan Tidak Lengkap - Memahami perbedaan bunga lengkap dan tidak lengkap beserta contohnya. Pada umumnya bunga mempunyai bentuk yang cantik dan warna yang indah. Meskipun sama-sama disebut bunga, namun ternyata bunga dibagi menjadi dua kategori, yaitu ada yang dinamakan bunga lengkap dan ada yang dinamakan bunga tidak lengkap.
Bunga lengkap adalah bunga yang mempunyai alat perkembangbiakan serta perhiasan bunga. Untuk lebih jelasnya, dapat diuraikan ke dalam bagian berikut ini:
·         Alat Perkembangbiakan
Terdapat dua alat perkembangbiakan dari bunga, yaitu putik sebagai alat kelamin betina sehingga membentuk ovum. Sedangkan alat kelamin jantan ada pada benang sari. Putik disebut juga pistilum atau daun buah sedangkan benang sari disebut stamen.
bunga lengkap,bunga lengkap dan tidak lengkap beserta contohnya,yang dimaksud bunga lengkap,perbedaan bunga sempurna dan bunga lengkap,bunga sempurna dan tidak sempurna beserta contohnya,

Baca Juga : Pengertian Bunga Sempurna dan Tidak Sempurna

·         Perhiasan Bunga
Perhiasan bunga terdiri dari periantum dan perigonium. Periantum merupakan perhiasan yang di dalamnya ada calyx dan corolla (kelopak bunga warna hijau dan mahkota bunga berwarna warni). Periantum terdapat di tanaman dikotil, sedangkan perigonium terdapat pada tanaman monokotil. Caly dan corolla pada tanaman monokotil berwarna yang sama. Kelopak bunga bermanfaat untuk melindungi bunga ketika masih kuncup, sedangkan mahkota bunga berfungsi melindungi alat kelamin yang ada di dalamnya.
Nah, jika bagian-bagian tersebut adalah karakteristik yang ada pada bunga lengkap, maka karakteristik dari bunga tidak lengkap adalah ada bagian yang memang tidak ada, sehingga mempermudah Anda memahami bunga lengkap dan tidak lengkap beserta contohnya. Pada bunga lengkap, alat kelaminnya pun juga lengkap, yaitu terdiri dari putik dan benang sari, sedangkan pada bunga tidak lengkap hanya ada salah satu saja, yaitu putik saja atau benang sari saja. Perbedaan berikutnya adalah pada mahkota, bunga lengkap lebih menarik dibandingkan bunga tidak lengkap. Begitu juga dengan madu. Madu yang ada di bunga sempurna lebih banyak dibandingkan pada bunga tidak lengkap.
Contoh bunga lengkap adalah bunga anggrek, bunga kembang sepatu, dan bunga tomat. Contoh bunga tidak lengkap adalah bunga kamboja, bunga kelapa, dan bunga Jepang Bali. Nah, selesai sudah uraian tentang bunga lengkap dan tidak lengkap beserta contohnya, sehingga dapat membedakan antara kedua jenis bunga tersebut.
Setelah mengetahui perbedaan bunga lengkap dan tidak lengkap, kemudian yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bunga yang tidak lengkap dapat berkembang biak, jika hanya mempunyai satu alat kelamin saja? Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu diketahui macam-macam penyerbukan pada bunga, diantaranya yaitu yang pertama ada penyerbukan sendiri, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik dalam satu bunga.
Berikutnya ada penyerbukan tetangga pada bunga lengkap dan tidak lengkap beserta contohnya, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik lain bunga namun masih satu pohon. Penyerbukan silang adalah serbuk sari jatuh ke kepala putik lain bunga dan tidak satu pohon tetapi satu jenis tumbuhan. Terakhir ada penyerbukan baster, yaitu apabila serbuk sari jatuh ke kepala putik lain bunga lain dan berbeda varietas.
Bunga Lengkap dan Tidak Lengkap Beserta Contohnya yang Ada di Sekitar Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra